2 KONSEP DALAM KOMUNIKASI MASSA
- proses dalam organisasi media memproduksi dan menyebarkan pesan kepada publik atau khalayak secara luas
- proses di dalam pesan dicari, digunakan dan dikonsumsi oleh para audience
=> Audience
Pengertian Komunikasi Massa
- komunikasi massa merupakan Produksi dan Distribusi yang berlandaskan pada Teknologi dan Lembaga dari arus pesan yang berkelanjutan serta paling luas dimiliki oleh seseorang dalam masyarakat tersebut (George Gebner)
- Teknologi
- lembaga
- masyarakat
Fungsi Komunikasi Massa
- Survillance ( pengawasan )
- interpretasi ( penafsiran )
- lingkage ( pengalihan atau perwakilan )
- penyebaran nilai ( transmite of value )
- hiburan ( entertaiment )
efek komunikasi massa terbagi menjadi dua yaitu efek primer dan efek sekunder.
* Efek Primer => yang terdiri dari terpaan, perhatian dan pemahaman.
* Efek Sekunder => terdiri dari perubahan tingkat kognitif dan perubahan prilaku.
Proses Komunikasi Massa
Proses komunikasi massa merupakan suatu peristiwa yang berlangsung secara terus-menerus tidak diketahui kapan mulainya dan kepan berakhirnya.
Komponen Komunikasi Massa
- komunikator
- codes dan konten
- gatekeper
- regulator
- media
- audience
- filter
- feadback
0 komentar:
Posting Komentar