KONSEP-KONSEP KOMUNIKASI MASSA

On Jumat, 04 April 2014 0 komentar

2 KONSEP DALAM KOMUNIKASI MASSA

  • proses dalam organisasi media memproduksi dan menyebarkan pesan kepada publik atau khalayak secara luas
  • proses di dalam pesan dicari, digunakan dan dikonsumsi oleh para audience
komunikasi MASSA => Instruksi Media
                                => Audience

Pengertian Komunikasi Massa

  • komunikasi massa merupakan Produksi dan Distribusi yang berlandaskan pada Teknologi dan Lembaga dari arus pesan yang berkelanjutan serta paling luas dimiliki oleh seseorang dalam masyarakat tersebut (George Gebner)
Tiga kata kunci dalam komunikasi massa

  • Teknologi
  • lembaga
  • masyarakat
Fungsi Efek Dan Proses Dalam Komunikasi Massa

      Fungsi Komunikasi Massa

  1. Survillance ( pengawasan )
  2. interpretasi ( penafsiran )
  3. lingkage ( pengalihan atau perwakilan )
  4. penyebaran nilai ( transmite of value )
  5. hiburan ( entertaiment )
Efek Komunikasi Massa

efek komunikasi massa terbagi menjadi dua yaitu efek primer dan efek sekunder.
* Efek Primer => yang terdiri dari terpaan, perhatian dan pemahaman.
* Efek Sekunder => terdiri dari perubahan tingkat kognitif dan perubahan prilaku.

Proses Komunikasi Massa

Proses komunikasi massa merupakan suatu peristiwa yang berlangsung secara terus-menerus tidak diketahui kapan mulainya dan kepan berakhirnya.

Komponen Komunikasi Massa

  • komunikator
  • codes dan konten
  • gatekeper
  • regulator
  • media
  • audience
  • filter
  • feadback

0 komentar:

Posting Komentar